Gedung PAUD Siap Ditempati

Gedung PAUD yang siap untuk ditempati belajar. (dokumen desa.id - foto by badar).

tridarmawirajaya.desa.id | Rabu, 20/12/2017. Pembangunan gedung PAUD Kampung Tridarma Wirajaya, Kecamatan Banjar Agung Kabupaten Tulang Bawang sudah selesai. Pembangunan yang menggunakan dana dari Dana Desa sebesar Rp 122.000.000,- (seratus dua puluh dua juta rupiah) dan dana swadya Rp 5.700.000,- (lima juta tujuh ratus ribu rupiah) ini sudah selesai 100% dan siap untuk ditempati.

Sedang dipasang jendela saja, sedangkan  pintunya  sudah selesai terpasang.” Kata Haryanto selaku Pokmas pembangunan PAUD ini rencanya akan ditempati tanggal 08 Januari 2018.

Gedung PAUD Baaian Belakang Sedang Dipsang Jendela. ( dok desa.id – foto by badar).

Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan  sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani  agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal

.

Gedung PAUD tampak Depan yang telah dipasang Pintu. (dok. desa.id – foto by badar).

Selain bangunan PAUD dibangun pula Kantin untuk para pedagang agar anak-anak yang membeli jajanan  tidak keluar dari lingkungan PAUD.

Gedung TPA tampak Bagian Belakang yang belum dipasang jendela. (dokumen desa;id – foto by badar).

Disamping Pembangunan Gedung PAUD dibangun juga gedung TPA yang bersumber dari Swadaya Murni Masyarkat yang letaknya masih dalam satu halaman. Bangunan Gedung TPA terdiri dari 3 lokal belajar dan 1 lokal diperuntukan kantor. Bangunan TPA murni dari swadaya masyarakat dengan anggaran Rp 131.000.000,- (seratus tiga puluh satu juta rupiah) berupa uang, material dan tenaga.

Rencana penggunaannnya akan dimulai tanggal 23 Januari 2018. Mengingat kondisi tempat belajar anak-anak TPA AL-Istiqomah sudah mendesak. Kata Royan Ali pengasuh TPA Al-Istiqomah. Selanjutnya Royan menjelaskan bahwa Pendidikan TPA sebagai lembaga pendidikan nonformal yang mempunyai peran utama mengajarkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an juga sangat berperan bagi perkembangan jiwa anak seperti pengetahuan tentang ibadah, akidah, dan akhl’ak/akhlak. Mengingat bahwa materi yang diajarkan tidak hanya terpaku pada materi baca tulis Al-Quran melainkan juga memberikan materi tentang ibadah, aqidah, akhlak atau akhlak yang bertujuan mempersiapkan peserta didik menjadi pribadi yang Qur’ani dan menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman dalam hidupnya.

 

 

 

(bdr/bdr)

Facebook Comments
About Badar 405 Articles
Juru Tulis Kampung Tridarma Wirajaya

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan