Kebun Singkong Milik Kampung

Kebun singkong Milik Kampung (PAD) Kampung seluas 1,5 Ha. (dok. desa.id - foto by badar).

tridarmawirajaya.desa.id | Hasil Pendapatan Asli Desa yang dimiliki Kampung Tridarma Wirajaya adalah Kebun singkong seluas 1,5 ha yang merupakan salah satu kekayaan milik Kampung sejak tahun 2013. Kebun singkong tersebut ada dua bagian . Bagian yang pertama terletak di tanah makam seluas 0,75 ha dan bagian kedua terletak di tanah pasar seluas 0.75 ha. Tidak semua Kampung memiliki Aset Kampung yang dikelola oleh Kampung, sehingga dapat menghasilkan Pendapatan Kampung.

Kebun singkong milik Kampung. (dok.desa.id – foto by badar).

Sebagaimana kita ketahui bahwa pendapatan asli Kampung adalah sesuatu yang diperoleh untuk mendukung penyelenggaraan pemerintah Kampung. Penyelengaraan pemerintah Kampung merupakan sub sistem dari sistem penyelenggaraan pemerintah sehingga Kampung mewakili kewenangan untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat. Dengan demikian kampung memerlukan sumber pembiayaan untuk mendukung programnya. Pendapatan Kampung sumber daya yang sangat vital bagi penyelenggara pemerintahan Kampung.

Kebun singkong yang dikelola Kampung merupakan salah satu Pendapatan asli Kampung selain pendapatan dari Pasar Kampung, hasil Swadaya, partisipasi dan gotong royong. Hasil dari Kebun singkong tersebut digunakan bersama-sama dengan bantuan   transfer dari APBN dan APBD Kabupaten yang dikelola  melalui Anggaran Belanja Kampung (APBKam).

Dengan adanya pendapatan asli kampung cukup membantu untuk membangun kampung dalam bidang insfrastruktur atau yang lainnya. Besarnya dana dari kebun singkong yang dimasukan ke APBKam  Rp 30.000.000,- (tiga puluh juta rupiah) setelah diambil modal penanaman dan perawatan.

Kebun Singkong yang Dikelola Oleh Kampung. (dok. desa.id – foto by badar).

Diharapkan selain dari Pendapatan Kampung yang telah ada Kampung dapat membuat terobosan baru guna meningkatkan pendapatan sehingga Kampung lebih sejahtera. Pendapatan yang merupakan usaha milik kampung lainnya adalah BUMKam yang bersumber dari Dana Desa (APBN).

 

 

  (bdr/bdr)

Facebook Comments
About Badar 401 Articles
Juru Tulis Kampung Tridarma Wirajaya

1 Comment

Tinggalkan Balasan