Potensi Budi Daya Jamur Tiram

Jamur Tiram Putih Milik Bapak Budi Sugiarto. (dokumen desa.id - foto by badar).

tridarmawirajaya.desa.id | Berbagai upaya yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, dari mulai profesi guru, buruh, petani. Seperti halnya Budi Sugiarto tinggal di RT 02 suku 02 Kampung Tridarma Wirajaya, Kecamatan Banjar Agung, Kabupaten Tulang Bawang memilih untuk menjadi petani Jamur Tiram Putih.

Memulai usaha menjadi petani jamur tiram putih sejak tahun 2012 sampai dengan sekarang. Budi daya jamur ini ia jalani dikarenakan kebutuhan akan jamur semakin meningkat dan bahan bakunya mudah didapat. Dengan memanfaatkan rumah bekas seluas 35 M disi dengan baglog (media tumbuhnya jamur) sebanyak 3.500 buah. (dibagi tiga siklus) dan menghasilkan jamur sebanyak 12 Kg/hari.

Baglog Media tumbuh Jamur. (dokumen desa.id – foto by badar).

Sebagai petani jamur suka dan duka pasti ada. Sukanya jika panen melimpah dan dukanya jika musim kemarau hasil menurun walaupun suhu sudah diatur, hal ini karena udara yang terlalupanas,

Serbuk Gergaji sebagi bahan Media dasar. (dokumen desa.id – foto by badar).

Modal usaha yang paling dominan, budi daya ini berjalan apa adanya karena disamping modal usaha juga pengetahuan yang minim tentang budi daya jamur ini, sambut budi. harapan kami ada pinjaman yang lunak untuk usaha ini dan pelatihan dari dinas-dinas terkait. Sebab sampai dengan sekarang belum pernah ada pembinaan dari dinas tentang budi daya jamur. Untuk menambah wawasan dan semangat baru dalam budidaya ini sering berkumpul dengan teman-teman yang ada di sekitar Kecamatan Banjar Agung untuk bertukar pengalaman, disamping itu juga kami serombongn ( Bapak Purwanto,Hs, Agus,Kandar ) 7/12/2017 study banding ke Kemiling ke Tempat budi daya jamur milik bapak Acoy.

Harapan saya, Ada perhatian  dari dinas terkait untuk membina dan melatih para petani jamur.” Sambut budi

Jamur Tiram putih yang masih tumbuh di baglog. (dokumen desa.id – foto by badar).

 

(bdr/bdr)

Facebook Comments
About Badar 401 Articles
Juru Tulis Kampung Tridarma Wirajaya

1 Comment

Tinggalkan Balasan