Posyandu Lansia Menuju Tridarma Sehat

Bidan Hernawati,HB Sedang Memberikan Penyuluhan kepada Peserta Posyandu Lansia di Balai Kampung. (dokumen desa.id - foto by badar

tridarmawirajaya.desa.id | Banjar Agung,Tulang Bawang. Posyandu Lansia adalah Pos Pelayanan Terpadu untuk masyarakat lanjut usia di suatu wilayah tertentu yang sudah disepakati yang disyhakan olah masyarakat dimana mereka bisa mendapatkan pelayanan kesehatan.

Posyandu Lansia merupakan dari kebijakan pemerintah melalui kesehatan bagi lansia yang penyelenggaraannya melalui program Puskesmas dengan melibatkan peran serta lansia, tokoh, masyarakat dan organisasi sosial.

Salah satu Peserta Posyandu Lansia sedang Tes Tekanan Darah. (dokumen desa.id – foto by Riswanto).

Penyelengaraan Posyandu Lansia di Kampung TridarmaWirajaya dilaksanakan tanggal dua belas setiap bulannya yang di ikuti oleh lansia yang ada di wilayah kampung Tridarma Wirjaya dan sekitarnya. Dalam pelayanan posyandu lansia ini diketua oleh bidan desa ibu Hernawati,HB yang sudah bertugas di Kampung Tridarma Wirajaya sejak tahun 1991 yang  dibantu oleh kader posyandu lansia.

Pelayanan yang diberikan adalah bentuk pelayanan dasar, Pemeriksaan aktivitas sehari-hari, Pemeriksaan status ,mental, pemeriksaan status gizi, pengukuran darah tinggi, hemoglobin, kadar gula dll.

Bidan Desa Hernawati, HB yang bertugas di Kampung Tridarma Wirajaya. (dokumen desa.id – foto by Riswanto).

Bidan Hernawati menyampaikan  disamping kegitan ini disambut gembira oleh masyarkat khusnya lansia juga masih banyak tantangan yang harus di atasi, misalnya pengetahuan tenang posyandu lansia masih rendah, jarak rumah dan tempat posyandu yang jauh, tidak ada anggota keluarga yang mengantar.

Untuk program ke depan,  “Pengadaan gizi lansia dan swiping ke rumah-rumah lansia.” Sambut Hernawati, HB, sehngga tujuan yang akan dicapai dalam meningkatkan jangkauan pelayanan kesehatan lansia sesuai dengan kebutuhan lansia.

 

 

 

(bdr/bdr)

 

 

Facebook Comments
About Badar 390 Articles
Juru Tulis Kampung Tridarma Wirajaya

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan