Siskeudes Menuju Pengelolaan Keuangan Kampung yang Trasnparan

Ketua Penyelenggara dari BPKP Provinsi Lampung sedang Memberikan Penjelasan. (dokumen desa.id - foto by badar).

tridarmawirajaya.desa.id | Senin, 11 Desember 2017.Dalam upaya pemantapan penyelenggaraan pemerintah Kampung, perlu dilakukan berbagai upaya secara berkelanjutan, maka pemerintah Provinsi melalui BPKP dan pemerintah Kabupaten Tulang Bawang telah mengambil langkah-langkah sebagai upaya penguatan untuk Kampung dan sumber daya kampung melalui Peningkatan Kapasitas dan Pelatihan sumber daya manusia Operator Kampung. Penguatan administrasi keuangan kampung untuk menghadapi Dana Desa (DD) khususnya yang bersumber dari Anggaran Belanja Negara (APBN).

Peserta Pelatihan Siskeudes dari Kecamatan Banjar Agung di Aula BPKP Provinsi Lampung, 11/12/2017. (dokumen desa.id – foto by badar).[/caption

Pelatihan Sistem Keuangan Desa (Siskudes) di Ruangan Pelatihan Badan Pengawas Keuangan dan Pembanguan (BPKP) Provinsi Lampung berjalan sudah satu hari, 11/12/2017. Pelatihan rencananya akan dilangsungkan selama dua hari, hari senin sampai dengan hari Selasa 12 Desember 2017.

Pelatihan sistem keuangan desa (Siskeudes)  diikuti oleh lima belas Kecamatan di wilayan Kabuapaten Tulang Bawang, tetapi yang hadir  hanya beberapa Kecamatan saja. Yang lainya tidak dapat hadir dengan alasan yang tidak jelas.

Pelatihan siskeudes bagi Kabupaten Tulang Bawang ini merupakan angkatan yang ketiga. di BPKP. Dalam sambutannya ketua pelaksana pelatihan menyampaikan bahwa platihan ini benar-benar mandiri artinya akomodasi,penginapan makan dan lainya dibiayai sendiri, “Disini hanya menyiapkan materi dan nara sumber saja.”

Peserta Pelatihan Siskeudes dari Kabupaten TulangBawang di Aula BPKP Provinsi Lampung. (dokumen desa.id – foto by badar).

Didorong oleh semangat yang luar bisasa dari peserta, maka pelatihan ini sungguh-sungguh dikikuti dengan penuh khidmat. Yang dibuktikan dengan berbagai pertanyaan dari peserta yang menanyakan materi yang kurang dipahami.

Pelatihan ini hampir sama dengan pelatihan siskuides yan pernah dilaksanakan pada bulan Juli di hotel Harison. Perbedaannya parameter kegiatan yang sekarang tambah komplit dan dapat disesuaikan dengan parameter dari APBK yang ada di kampung masing-masing.

Peserta Pelatihan Siskeudes dari Kecamatan Banjar Agung sedang Regrestasi. (dokumen desa.id – foto by badar).

Dari pelatihan ini diharapkan Kampung mampu menata administrsi keuangan secara aplikasi yang memudahkan dalam tata administrasi dan pelaporan. Serta menjadikan pengelolaan keuangan yang trasnparan, acounteble dan paartisipatif.

Peserta Pelatihan Siskeudes dari Kecamatan Banjar Agung sedang foto bersama di Halaman Kantor BPKP Provinsi Lampung. (dokumen desa.id – foto by badar).

 

 

(bdr/bdr)

Facebook Comments
About Badar 401 Articles
Juru Tulis Kampung Tridarma Wirajaya

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan