Pelatihan Badan Usaha Milik Kampung (BUMKAM) Kampung Catur Karya Buana Jaya

Direktur PT Tulang Bawang Maju Bersama beserta Peserta Pelatihan BUMKAM foto bersama. (dokumen desa.id. foto by badar

tridarmawirajaya.desa.id – UU Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa memberikan payung hukum atas BUMKAM  sebagai pelaku ekonomi, yang mengelola potensi desa secara kolektif untuk meningkatkan kesejahteraan warga desa. “BUMKAM merupakan wadah usaha desa yang memiliki semangat kemandirian, kebersamaan dan kegotong-royongan antara pemerintah desa dan masyarakat untuk mengembangkan aset-aset lokal guna memberikan pelayanan dan meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat dan desa,” jelas Eko Suprayitno.

Dalam rangka meningkatkan pendapatan dalam bidang usaha, maka Badan Usaha Milik Kampung (BUMKAM). Kampung Catur Karya Buana Jaya  mengadakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Badan Usaha Milik Kampung (BUMKAM) dengan nara sumber dari PT Tulang Bawang Bersama di Kampung Catur Karya Buana Jaya, 30/11/2017.

Pelatihan itu diadakan satu hari yang dihadiri oleh Bapak Tarsono unsur Kecamatan Banjar Margo,Kepala Kampung Catur Karya Buana Jaya Bapak Sinto, Bapak Eko Suprayitno dan Wisnu Wardhani dari PT. Tulang Bawang Maju Bersama. Sebagai peserta pelatihan adalah Badan Permusyawaratan Kampung (BPK), Lembaga Pemberdayan Masyarakat (LPM), Karang Taruna, Pengurus Bumkam Kampung Catur Karya Buana Jaya dan Tokoh Masyarakat.

Dalam hal ini dijelaskan oleh nara sumber  PT Tulang Bawang  Bapak Eko Suprayitno bahwa Badan usaha milik Kampung  yang sering disebut dengan BUMKAM  adalah sebuah lembaga usaha Kampung yang dikelola oleh pemerintah kampung  juga masyarakat Kampung  tersebut dengan tujuan untuk memperkuat perekonomian Kampung  dan dibentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi yang ada di Kampung tersebut. BUMKAM merupakan sebuah badan usaha yang mampu membantu masyarakat dalam segala hal antara lain memnuhi kebutuhan sehari-hari, menjadi peluang usaha atau lapangan pekerjaan, menambah wawasan masyarakat Kampung.

Acara Pelatihan BUMKAM Kampung Catur Karya Buana Jaya. (dokumen desa.id foto by badar).

Selanjutnya dijelaskan pula tujuan dari BUMKAM :

BUMKAM memiliki empat tujuan utama, yakni :

  1. Meningkatkan perekonomian masyarakat desa
  2. Meningkatkan pendapatan masyarakat kampung.
  3. Mengoptimalkan potensi sumber daya alam untuk kebutuhan masyarakat
  4. Menjadi alat pemerataan dan pertumbuhan ekonomi desa.

Untuk mencapai tujuannya BUMKAM  menggunakan cara pemenuhan kebutuhan masyarakat dalam bentuk pelayanan barang dan jasa. Kebutuhan masyarakt yang harus dipenuhi adalah kebutuhan pokok, selain itu pembekalan usaha bagi masyarakat juga menjadi salah satu tanggungjawab dari BUMKAM.

Harapan ke depan setelah pelatihan ini pengelola dan pengelolaan BUMKAM di Kampung Catur Karya Buana Jaya mendapat kepercayaan dari masyarakat dan menjadi usaha yang dapat menghasilkan pendapatan asli Kampung,  sehingga kesejahteraan dapat dinikmati oleh warga.” sambut Bapak Sinto Kepala Kampung Catur Karya Buana Jaya.

 

(bdr/bdr)

Facebook Comments
About Badar 401 Articles
Juru Tulis Kampung Tridarma Wirajaya

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan