Babinkamtibmas Bapak Suwarto Ikut Serta Dalam Gotong Royong Membersihkan Lingkungan

Bapak Suwarto Babinkamtibmas Kampung Tridarma Wirajaya ikut bergotong royong Jumat Bersih. (dokumen desa.id foto by badar).

tridarmawirajaya.desa.id – Dalam rangka mewujudkan Kampung Tridarma Wirajaya bersih dan sehat yang merupakan  implementasi dari visi dan misi kampung. Oleh karena itu untuk  menjaga kebersihan lingkungan  merupakan tanggung jawab bersama. Untuk itu, diharapkan bukan hanya keterlibatan pemerintah saja dalam menjaga kebersihan lingkungan melainkan juga masyarakat, salah satunya bergotong royong membersihkan lingkungan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Kampung Tridarma Wirajaya  disaat menghadiri kegiatan gotong royong di lingkunan RW. 04, Kecamatan Banjar Agung, Kabupaten Tulang Bawang, Jumat (01/12/2017).

Dalam kegiatan   gotong royong  dihadiri oleh Bapak Suwarto Babinkamtibmas Kampung Tridarma Wirajaya dan kepala Kampung Tridarma Wirajaya Bapak Tatang Hermansyah.

Persoalan kebersihan lingkungan bukan hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah, melainkan juga masyarakat. Untuk itu sangat diharapkan kepada masyarakat agar bisa berpartisipasi dalam membersihkan lingkungan sehingga menjadi lebih bersih dan indah.” Sambut Kepala Kampung.

Dipimpin oleh bapak Sodik (berdiri) Ketua RT. 04 Suku 01 sedang bergotong royong membersihkan bahu jalan di sekitar komplek kantor kampung. (dokumentasi desa.id foto by badar).

Dalam gotong royong  ini kepala suku di wilayah kerjanya masing – msaing merupakan koordinator warganya. Untuk Wilayah RW 01 dipimpin langsung oleh Bapak Sodik denan lokasi Komplek perkantoran. RW 03 dipimpin oleh Bapak Adeng Sutisna dengan lokasi perempatan Walet sepanjang dua ratus meter arah ke Masjid Nurul Jadid. RW 04 dipimpin langsung oleh Kepala Suku Bapak Suker dengan lokasi Komplek MTs. Manba’ul Ulum arah ke Lapangan Tobong FC.

Bapak Suker (koas biru berdiri) Kepala Suku 04 langsung memimpin gotong royong membersihkan rumput liar di bahu jalan komplek MTS Manba’ul Ulum. (dokumen desa.id foto by badar).

Gotong Royong ini dilakukan setiap hari Jumat, oleh karenanya dikenal dengan “Jumat Bersih” merupakan tindak lanjut dari salah satu kegiatan Kabupatn Tulang Bawang. Kegiatan gotong royong ini dihadiri langsung oleh Bapak Suwarto sebagai Babinkamtibmas Kampung Tridarma Wirajaya. Hal ini sebagai bukti keterlibatan langsung TNI dalam membina masyarakat.

Gotong Royong bersih-bersih lingkungan  biasanya membersihkan rumput-rumput liar di sepanjang bahu jalan dan memperbaiki saluran air/parit yang buntu dan tertimbun tanah.

Kegitan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap hari Jum’at, karena masyarakat sudah menyadari betapa pentingnya lingkungan yang bersih dan sehat, sehingga jauh dari bibit penyakit terutama nyamuk malari (istilah jawa) mengingat sekarang musim hujan.

Pada kesempatan ini juga Bapak Suwarto menyambut dengan baik. “jaga kegiatan gotong royong ini, karena kegiatan ini merupakan tradisi nenek moyang kita sebagai wadah untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Bapak Suwarto Babinkamtibmas kampung Tridarma Wirajaya sedang beristirahat     sekaligus   memberikan saran kepada warga. (dokumen desa.id foto by badar).

(bdr/bdr)

 

Facebook Comments
About Badar 374 Articles
Juru Tulis Kampung Tridarma Wirajaya

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan