Berbagai Upaya untuk Meningkatkan Prestasi di SDN 01 Tridarma Wirajaya

Foto Tampak Depan Gegung SDN 01 Negeri Tridamr Wirajaya

tridrmawirajaya.desa.id | Sabtu, 25 November 2017.

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana yang tertuang ke dalam tujuan pendidikan nasional dan pendidikan di sekolah dasar yaitu, untuk mewujudkan suasana belajar dan proses kegiatan pembelajaran dengan tujuan agar siswa secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat, dalam berbangsa dan bernegara.

Dalam rangka ikut serta meningkatkan kualitas pendidikan di Sekolh Dasar Negeri 01 Tridarma Wirajaya, sesuai dengan tujuan pendidikan nasional , yaitu mengarahkan berkembangnya potensi siswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta memiliki tanggung jawab. Sedangkan tujuan pendidikan sekolah dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. dengan demikian siswa dapat memiliki dan menanamkan sikap budi pekerti terhadap sesama.

Papan Nama Sekolah Dasar Negeri 01 Tridarma Wirajaya berdiri sejak Tahun 1978. (dok. desa.id foto by badar).

Maka dalam usianya yang ke-39 Tahun, SDN 01 Tridarma Wirajaya berkonsentrasi kepada peningkatan mutu pendidikan. Untuk mncapai mutu dan prestasi yang baik tidaklah mudah, harus diiringi dengan  semangat yang tinggi dan disiplin. berkat kerja keras tersebut, maka SDN 01 Tridarma Wirajaya banyak memperoleh prestasi, baik di tingkat Kecamatan maupun tingkat Kabupaten. Selain itu juga SDN 01 Tridarma Wirajaya menjadi pusat Musyawrah Guru Mata Pelajaran (MGMP)  dan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKGS).

Salah Satu Ruang Belajar Siswa, SDN 01 Tridarma Wirajaya. dok. desa.id foto by badar).

Prestasi dan kemajuan SDN 01 Tridarma Wirajaya ini memang patut dibanggakan, prestasi yang diperoleh ini bukan karena kemampuan kami,tetapi banyak pihak yang mendukungnya, baik itu dari wali murid, komite dan lingkungan sekolah.”  Kata Bapak Tunut Sujiono selaku Kepala SDN 01 Tridarma Wirajaya.

 Sekolah Dasar Negeri 01 Tridarma Wirajaya mempunyai 14 tenaga pendidik, 9 perempuan dan 5 laki-laki. Sedangkan jumlah murid adalah 342, laki-laki 166 orang dan perempuan 176 orang.

Ruang Guru SDN 01 Tridarma Wirajaya yang juga senbai tempat diskusi. (dok. desa.id. foto by badar).

Dilihat dari fisik bangunan SDN 01 Tridarma Wirajaya memiliki 10 ruang belajar, 1 ruang guru, 1 ruang kepala sekolah, 1 ruang perpustakaan, WC Murid dan WC guru, dari jenis bangunan tersebut yang kelihatan parah dan perlu direhab dalam waktu dekat, yaitu ruang belajar sebanyak 3 lokal yang diperuntukan tempat belajar kelas 1 dan kelas 2 serta ruang perpustakaan.

Berbagai prestasi berupa Tropy penghargaan yang dimiliki oleh SDN 01 Tridarma Wirajaya. (dok. desa.id. foto by Hendri).

Alasan mengapa orang tua menyekolahkan anaknya  disini, “Sekolah ini merupakan sekolahan yang berkualitas dibanding dengan sekolahan yang ada, guru-rurunya disiplin.” Kata Miyati dan Yuni wali murid di sekolahan ini.

Hal ini dibenarkan juga oleh beberapa wali murid. Bahkan anak didik di Sekolah ini tidak saja berasal dari Kampung Tridarma Wirajaya, tetapi dari Kampung lainpun ada, seperti Kampung Trimukti Jaya, Trimulya Jaya, Moris Jaya, dan Aji Permai Talang Buah yang jarak tempuhnya hingga 6 Km.

Ruang Kepala aSDN 01 Tridarma Wirajaya ( Tunut Sujiono). (dok. desa.id. foto by badar).

Sebelum pertemuan kami dan Kepala Sekolah berakhir, kepala sekolah sempat menyampaikan ” Untuk kedepan mudah-mudahan sekolah ini bertambah maju, lebih berprestasi dan murid serta gurunya selalu ada dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa.”

Ruang IT SDN 01 Tridarma Wirajaya, sebaga pusat penginputan data . (dok. desa.id. foto by badar).

(bdr/bdr)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan