Dampak Positif Pembangunan Jalan Onderlagh di RW 03 Berlanjut

Mayarakat bergotong royong membangun Bahu jalan yang dibanguan denganAlokasi Dana Desa (ADD) Tahun 2017. (dok desa.id. foto by badar).

tridarmawirajaya.desa.id Kamis, 23 November 2017.  Pembangunan infrastruktur adalah suatu usaha atau rangkaian usaha pertumbuhan dan perubahan yang dilakukan secara tertata untuk membangun prasarana atau segala sesuatu yang merupakan penunjang utama terselenggaranya suatu proses pembangunan.  Pembangunan infrastruktur yang berkualitas akan menciptakan kemakmuran masyarakat. Hal yang harus dipikirkan adalah kita harus mampu membangun sebuah infrastruktur yang saling terpadu satu sama lainnya. Karena ini merupakan sebuah kemampuan sebuah kampung  dalam melaksanakan pembangunan.

Badan Jalan Onderlagh yang dibangun menggunakan Alokasi Dana Desa (ADD) Tahun Anggaran 2017. (dok. desa.id. foto by Badar).

Dalam rangka ikutserta mensejahterakan masyarakat melalui pembangunan, maka kampung Tridarma Wirajaya tidak mau ketinggalan dalam mengupayakan dan mengotimalkan pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pembangunan dimaksud adalah jalan onderlagh yang terletak di RT. 02,03 Suku 04. Dalam pelaksanaan pembanguan jalan selain sumber dana dari Alokasi Dana Kampung (ADD) juga swadaya gotong royong masyarakat.

Dampak Positif yang dirasakan oleh masyarakat adalah pertama meningkatnya kelancaran arus lalu lintas atau angkutan barang dan orang khususnya dalam menghubungkan Daerah satu ke daerah lainnya. Dengan semakin lancarnya arus lalu lintas berarti lebih mengefisienkan waktu dan biaya.Kedua merangsang tumbuhnya aktivitas perekonomian ini sudah langsung terasa ketika pertama kali jalan dibuka. Diantaranya adalah tumbuhnya aktivitas perekonomian di sekitar jalan yang dibangun. Sebagai contoh adanya aktivitas masyarakat setempat yang mulai membuka warung.

Alat Berat Fibro sedang Memadatkan Badan Jalan Onderlagh yang Menggunakan Alokasi Dana Desa (ADD) Tahun Angaran 2017. ( dok.desa.id.  foto by badar)

Pembangunan jalan onderlagh ini adalah pembangunan yang bersumber dari Alokasi Dana Kampung (ADK) yang merupakan Program unggulan Kabupaten Tulang Bawang, dengan jumlah dana sebesar Rp 225.000.000,- (dua ratus dua puluh lima juta rupiah) dengan volume 760 Meter. Dana tersebut digunakan untuk pembangunan jalan onderlagh   ini adalah Rp 213.144.000, dengan panjang jalan 760 meter, tetapi yang baru dilaksanakan adalah 460 meter. Sisanya yang berlokasi di RT. 03 RW. 03 dengan volume 300 Meter masih belum selesai terkendala pada  batu belah, dikarenakan musim penghujan. Sedangkan sebesar Rp 11.856.000,- dipergunakan untuk membangun gorong-gorong.

Terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang khususnya Bapak Bupati dan Wakilnya, yaitu Bapak Hanan Abdul Rozak dan Bapak Heri Wardoyo yang telah membawa perubahan di setiap kampung terutama kampun Tridarma Wirajaya. Masyarakat pun merasa gembira, hal ini dapat dilihat dari raut wajahnya dan semangatnya untuk bergotong-royong menimbun bahu jalan. Saya sangat senang dengan adanya pembangunan jalan ini, dapat memperlancar transportasi, jalan tidak becek lagi, dan kampung kelihatan rapi,” kata Bapak Suwarno masyarakat RT. 04 RW 03 ini.

(bdr/bdr)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan