Sosialisasi dan Validasi Data Calon Penerima PKH

Pendamping PKH Kecamatan Banjar Agung. (dok, desa.id, foto badar).

Bapak Riswanto Kaur Pemerintahan dan Ibu Herlita dalam Acara Sosialisai dan Validasi Calon Penerima PKH. (dok. desa.id. foto by badar).

tridarmawirajaya.des.id | Rabu, 22 November 2017.

PKH adalah program perlindungan sosial yang memberikan bantuan tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) dan bagi anggota keluarga RTS diwajibkan melaksanakan persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan.Program ini, dalam jangka pendek bertujuan mengurangi beban RTSM dan dalam jangka panjang diharapkan dapat memutus mata rantai kemiskinan antar generasi, sehingga generasi berikutnya dapat keluar dari perangkap kemiskinan.Pelaksanaan PKH juga mendukung upaya pencapaian Tujuan Pembangunan Millenium. Lima Komponen Tujuan MDG’s yang akan terbantu oleh PKH yaitu: Pengurangan penduduk miskin dan kelaparan, Pendidikan Dasar,  Kesetaraan Gender,  Pengurangan angka kematian bayi dan balita, dan  Pengurangan kematian ibu melahirkan.

Ibu-Ibu calon Penerima Bantuan PKH sangat antusian. (dok, desa.id, foto badar).

Berdasarkan data yang berasal dari Dinas Sosial pusat, Kampung Tridarma Wirajaya, Kecamatan Banjar Agung, Kabupaten Tulang  Bawang untuk Tahun 2018 ini mendapatkan 88 Kepala Keuarga. Setelah dievaluasi berdasarkan ketentuan dari dinas Sosial, maka yang tidak layak 9 (sembilan) Kepala Keluarga dengan alasan tidak ditemukan 5 (lima) Kepala Keluarga , sudah mampu 2 (dua) Kepala Keluarga , sudah meninggal dunia 2 (dua) Kepala Keluarga. Jadi yan berhak menerima adalah 79 Kepala Keluarga.

Sosialisasi dan validasi berkas ini dilakukan kemarin Selasa,  21  November 2017 di Balai Kampung Trdiarma Wirajaya yang dimulai dari pukul 13.30 WIB s/d 17.15 WIB.

Pendamping PKH, Ibu Herlita sedang memeriksa kelengkapan berkas milik Calon Penerima PKH (dok. desa.id. foto by badar).

PKH diberikan kepada Keluarga Sangat Miskin (KSM). Data keluarga yang dapat menjadi peserta PKH didapatkan dari Basis Data Terpadu dan memenuhi sedikitnya satu kriteria kepesertaan program berikut, yaitu:

  1. Memiliki ibu hamil/nifas/anak balita
  2. Memiliki anak usia 5-7 tahun yang belum masuk pendidikan dasar (anak pra sekolah)
  3. Anak usia SD/MI/Paket A/SDLB (usia 7-12 tahun),
  4. Anak  SLTP/MTs/Paket B/SMLB (Usia 12-15),
  5. Anak 15-18 tahun yang belum menyelesaikan pendidikan dasar termasuk anak dengan disabilitas.
Pendamping PKH sedang memberikan Penjelasan kepada caolon Penerima PKH. ( dok. desa. foto by badar).

Undangan ini langsung dari Kementrian Sosial Republik Indonesia , jadi bukan bukan dari kampung atau dinas sosoil Kabupaten, dengan dokumen yang tertulis di Surat undang supaya dibawa, jika nomor 1 s/d 6 tidak ada cukupmembawa foto KTP dan foto KTP Kartu Keluarga kami hanya menyampaikan saja” Penjelasan dari Pendamping PKH.

Suat Undangan yang diberikan kepada Calon yang akan mendapatkan batuan PKH (dok. desa.id. foto by badar).

Sebelum acara berakhir Bapak Riswanto sebagai Kaur Pemerintahan menyampaikan kepada Calon Penerima Bantuan PKH ” Untuk besarnya berapa yang akan diberikan kepada ibu-ibu kami belum tahu jelas, yang penting bagi ibu-ibu setelah mendapat bantuan ini dapat digunakan yang sebenar-benarnya digunakan untuk kebutuhan anak sekolah, sesuikan dengan kebutuhan bukan keinginan. Sebenarnya masih ada tetangga kita yang sama-sama miskin, tetapi tidak mendapatkan bantuan ini, maka kami mengharap kepada pemerintah bagaimana nasib warga kami yang belum mendapakan bantuan ini”.

(bdr/bdr)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan