Taman Kanak-Kanak Widiya Taruna Mulai Berbenah untuk Mengikuti Akriditasi

 

tridarmawirajaya.desa.id | Senin, 20 November 2017.

Pendidikan Taman Kanak-Kanak merupakan salah satu bentuk pendidikan pra sekolah yang terdapat di jalur pendidikan sekolah (PP No. 27 Tahun 1990). Sebagai lembaga pendidikan pra-sekolah, tugas utama Taman Kanak-Kanak adalah mempersiapkan anak dengan memperkenalkan berbagai pengetahuan, sikap perilaku, keterampilan dan intelektual agar dapat melakukan adaptasi dengan kegiatan belajar yang sesungguhnya di Sekolah Dasar.

Pandangan ini mengisyaratkan bahwa Taman Kanak-Kanak merupakan lembaga pendidikan pra-sekolah atau pra-akademik. Dengan demikian Taman Kanak-Kanak tidak mengemban tanggung jawab utama dalam membina kemampuan akademik anak, seperti kemampuan membaca dan menulis. Substansi pembinaan kemampuan akademik atau skolastik ini harus menjadi tanggung jawab utama lembaga pendidikan Sekolah Dasar.

Selain dari Taman Kanak-Kanak sebagai subtansi pembinaan kemampuan anak, perlu juga tempat pembelajaran yang mampu sebagai wadah pendidikan pra-sekolah yang berkwalitas, memberikan jaminan kepada publik bahwa sekolah tersebut sudah terakriditasi.

Akreditasi sekolah adalah kegiatan penilaian (asesmen) sekolah secara sistematis dan komprehensif melalui kegiatan evaluasi internal dan evaluasi eksternal (visitasi) untuk menentukan kelayakan dan kinerja sekolah.

Ibu guru Agus Santi  salah satu Guru TK sedang melngkapi berkas untuk Akriditasi. (dok. desa. foto by Badar).

Oleh karena itu untuk meningkatkan mutu pelayanan kepada publik,  maka Taman Kanak-Kanak Widiya Taruna .berbenah diri untuk ikut serta mengikuti akriditasi yang akan dilaksanakan pada akhir bulan November ini.

Berbagai  persiapan , termasuk kelengkapan data sekolah, administrasi kesiswaan dan kelengkapan lainya sudah mulai ditata.

Tujuan akreditasi tersebut adalah :

  1. Memberikan gambaran tingkat kinerja sekolah yang dijadikan sebagai alat pembinaan, pengembangan dan peningkatan sekolah baik dari segi mutu, efektivitas, efisiensi, produktivitas dan inovasinya.

  2. Memberikan jaminan kepada publik bahwa Taman Kanak-Kanak (TK) Widiya Taruna telah diakreditasi dan menyediakan layanan pendidikan yang memenuhi standar akreditasi nasional.

  3. Memberikan layanan kepada publik bahwa siswa mendapatkan pelayanan yang baik dan sesuai dengan persyaratan standar nasional.

Ibu Yulina,Js ( Kepala TK Widiya Taruna) sedang memilih contoh Papan Data untuk persiapan Akriditasi Sekolah TK. (dok. desa. foto by Badar).

Sebenarnya TK ini telah diakriditasi dengan nilai B, tetapi kali ini untuk persiapan akriditasi A, mudah-mudahan saja bisa, tetapi bukan itu tujuanya yang penting TK kami bisa diterima oleh masyarakat dengan baik” sambut Ibu Yulina Js. selaku Kepala TK.

Sangat Serius Rupanya Ibu Guru Satu ini dalam melengkap Data untuk Akriditas TK. (dok. desa. foto bay Badar).

 

Ibu Nurul Hasanah dengan Senyum Manisnya sedang melengkapi buku Induk untuk Persiapan mengikuti Akriditasi TK. (dok. Desa. foto by Badar).

 

Ruang Kelas Tempat Anak-Anak belajar. (dok. desa. foto by Badar)

(bdr/bd)

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan