Belajar Alqur’an di TPA Al-Istiqomah

Ustadz dan ustadzah berfoto bersama siswa TPA. (dok. badar)

tridarmawirajaya.desa.id | Minggu, 12 November 2017.

Taman Pendidikan Al Qur’an (disingkat (TPA/TPQ)) adalah lembaga atau kelompok masyarakat yang menyelenggarakan pendidikan nonformal jenis keagamaan Islam yang bertujuan untuk memberikan pengajaran membaca Al Qur’an sejak usia dini, serta memahami dasar-dasar dinul Islam pada anak usia taman kanak-kanak, sekolah dasar dan atau madrasah ibtidaiyah (SD/MI) atau bahkan yang lebih tinggi. TPA/TPQ setara dengan RA dan taman kanak-kanak (TK), di mana kurikulumnya ditekankan pada pemberian dasar-dasar membaca Al Qur’an serta membantu pertumbuhan dan perkembangan rohani anak agar memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. (Sumber: Wikipedia)

Dasar Hukum penyelenggaraan TPA adalah Peraturan Pemerintah No. 55 tahun 2007 pasal 24 ayat 2 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan menyatakan bahwa Pendidikan Al-Qur’an terdiri dari Taman Kanak-Kanak AL Qur’an (TKA/TKQ), Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA/TPQ), Ta’limul Qur’an lil Aulad (TQA), dan bentuk lainnya yang sejenis.

Keberadaan Taman Pendidikan Al-Qur’an juga ditopang oleh landasan yuridis formal sebagai berikut :

  1. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional ( Sisdiknas ) Nomor 20 Tahun 2003.
  2. SKB 2 Menteri ( Mendagri dan Menteri Agama ) Nomor 128 dan 44 A tahun 1982, tentang “Usaha Peningkatan Kemampuan Baca Tulis Huruf Al-Qur’an Bagi Umat Islam dalam rangka Peningkatan Penghayatan dan Pengamalan Al-Qur’an dalam Kehidupan Sehari-hari”.

Dalam rangka ikut serta meningkatkan kecerdasan bangsa, khususnya dalam bidang keagamaan, maka TPA Al-Istiqomah yang beralamatkan di RT. 02 Suku 01 Kampung Tridarma Wirajaya Kecamatan Banjar Agung Kabupaten Tulang Bawang telah ikut andil dalam proses belajar mengajar Al-qur’an.

Berdiri tahun 2011, pengasuh Ustadz Royan Ali  dibantu oleh tenaga-tenaga yang ahli dalam bidangnya sejumlah 16 orang, terdiri dari  4 Ustadz dan 12 Ustadzah.

Ustadz dan Ustadzah TPA Al-Istiqomah (dok. badar)

Jumlah anak-anak yang belajar di TPA Al-Istiqomah 250 orang, 101 laki-laki dan  149 perempuan yang dibagi dalam  beberapa kelas.

Anak-anak sedang mendengarkan pengarahan yang disampaikan Ustadz Royan Ali (dok. badar)

Mengingat dari kesibukan para Ustadz dan Ustadzah, maka waktu belajar dilaksanakan pada sore hari, kecuali hari Jum’at dikarenakan libur.

Pemberian piagam kepada santri yang berprestasi oleh pengajar TPA. (dok. badar)

Materi pelajaran yang diajarkan di TPA Al-Istiqomah antara lain: Al-Qur’an, Ilmu Tahid dan Fiqih.

Salah satu kegiatan proses belajar mengajar di TPA Al-Istiqomah. (dok. badar)

Untuk operasional dalam pembelajarannya bersumber dari iuran wali murid, sumbangan dari masyarakat dan bantuan dari Kampung.

Anak-anak yang berprestasi dengan membawa piala.

“Kami hanya ingin mengenalkan Al-Qur’an kepada anak-anak ini  sedini mungkin dan alhamdulillah disinilah anak-anak dan masyarakat mempercayakan kepada kami.

Kedepannya, kami telah memiliki gedung tersendiri dan dalam waktu dekat kami akan pindah,” sambut Ustadz Royan Ali.

Foto bersama dengan anak-anak yang berprestasi. (dok. badar)

(bdr/bdr)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan