Belajar SIDEKA ala Kecamatan Banjar Agung

Relawan TIK Kabupaten Tulang Bawang Dana Putra Yuda sedang memberikan Materi Sideka. foto: Badar.

tridarmawirajaya.desa.id|Kamis 09 November 2017

Atas inisitif dan semangat yang tinggi, alhamdulillah teman-teman operator Kampung Se-Kecamatan Banjar Agung, Kabupaten Tulang Bawang, Provinsi Lampung telah melaksanakan latihan bersama  Sistem Informasi Desa Kawasan (SIDEKA) ala teman-teman Banjar Agung.

Pelaksanaan tersebut bertempat di Balai Kampung Banjar Agung, yang dimulai dari pukul 08.30 WIB sampai dengan pukul 14.00 WIB, diikuti  oleh operator/admin.

Narasumber kegiatan tersebut adalah Bapak Dana Putra Yuda dari Relawan TIK Kabupaten Tulang Bawang.

Adapun peserta pelatihan Sideka yaitu :

  1. Kampung Dwi WargaTunggal Jaya, admin Iban
  2. Kampung Tridarma Wirajaya, admin Badar
  3. Kampung Tunggal Warga, admin Jaini
  4. Kampung Warga Makmur Jaya, admin Turiana
  5. Kampung Banjar Agung, admin Mely dan Nurhasanah
  6. Kampung Tritunggal Jaya, admin Hamdan
  7. Kampung Banjar Dewa, admin Putu
  8. Kampung Moris Jaya, admin Fatkhur
  9. Kampung Trimukti Jaya, admin Suroto
  10. Kampung Trimulya Jaya, admin Poniman dan
  11. Kampung Warga Indah Jaya, admin Kadek

Selain peserta, hadir pula Kepala Kampung dari kampungnya masing-masing.

Administrator SiDeKa dari Kampung Warga Indah Jaya. (Dokumentasi Badar)

Berdasarkan Peraturan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Perbatasan Nomor 1 Tahun 2015. Desa broadband terpadu adalah desa yang akan dilengkapi dengan fasilitas jaringan atau akses internet, perangkat akhir pengguna dan aplikasi yang sesuai dengan karakteristik penduduk setempat.

Peserta dari Kampung Tunggal Warga, Jaini ( kiri ) dan dari Kampung Banjar Dewa Pak Putu (kanan ).(Dok. Badar)

Untuk mendukung percepatan program tersebut, kami rekan-rekan Kecamatan Banjar Agung ikut serta untuk berpartisipasi dalam program tersebut dengan latihan-latihan dasar berdasarkan kemampuan yang dimiliki, dengan peralatan yang sederhana, tempat yang sederhana dan dengan kemauan yang kuat demi kampungnya agar memiliki data dan tidak tertinggal dengan desa binaan (desa broadband).

“Saya sangat senang sekali dengan adanya sideka ini, semua data yang ada di Kampung dapat terekam di sistem ini walaupun pelatihannya atas prakarsa teman-teman dan sangat sederhana,” kata Jaini peserta dari Kampung Tunggal Warga.

“Harapan saya latihan ini tidak hanya sampai disini, dapat berlanjut ke latihan berikutnya yang gunanya untuk mengevaluasi hasil pelatihan pada hari ini, mudah-mudahan untuk tahun kedepan dalam kegiatan ini dianggarkan dari dana kampung,” sambut kepala Kampung Trimukti Jaya, yaitu Bapak Heri.

Kepala Kampung yang mengikuti pelatihan sideka.(Dok. Badar)

Dalam pelatihan ini memang benar-benar atas inisiatif teman-teman admin dari kampung masing-masing, dan biaya makan dan minum pun biaya pribadi, karena dari kampungnya belum dianggarkan, tetapi hasilnya cukup memuaskan.

Peserta dari kampung Banjar Agung (Mely) dan dari Kampung Tritunggal Jaya ( Hamdan).(Dok. Badar)

Kampung Tridarma Wirajaya yang telah selesai menginput data penduduk dari sideka dan juga terimakasih kepada Bapak Dana yang dengan ihlas telah membagi ilmunya,” kata Suroto peserta dari Kampung Trimukti Jaya.

(bdr/bdr)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan