Tradisi Gotong-royong Masyarakat Tridarma Wirajaya

Warga bersiap memindahkan rumah dengan cara diangkat bersama-sama. (dok Badar)

tridarmawirajaya.desa.id | Selasa 31 Oktober 2017

Masyarakat Kampung Tridarma Wirajaya terkenal dengan kebersamaan dan sikap suka membantu, gotong-royongnya. Salah satu tradisi gotong-royong yang sudah ada sejak dahulu adalah tradisi memindahkan fisik rumah secara bersama-sama karena pemilik rumah harus pindah dari lokasi lama ke lokasi yang baru.

Derak kaki yang gemuruh menandai semangatnya warga Kampung Tridarma Wirajaya, Kecamatan Banjar Agung, Kabupaten Tulang Bawang, Provinsi Lampung dalam bergotong royong  memindah rumah milik Bapak Nakim.

Sekitar 50 warga ikut serta dalam memindahkan rumah Bapak Nakim yang beralamatkan di RT. 04 Suku 04 pindah ke RT. 04 Suku 01. Dalam pemindahan rumah tersebut tidak mengalami kendala justru warga semakin bersemangat dengan diiringi  suara-suara yang keras. Rumah yang dipindah berukuran 6M X 9M.

“Warga kami biasa dalam bergotoyong royong, sudah menjadi tradisi turun menurun” Sambut kepala kampung Tridarma Wirajaya, Bapak Tatang Hermansyah.

Dalam membangun kampung, kami selalu bergotong royong bukan hanya memindah atau membangun rumah, tetapi dalam bercocok tanam  dalam pertanian,” kata salah satu warga Bapak Haryanto.

Warga bergotong-royong mengangkat dan memmindahkan rumah Bapak Nakim. (Dok. Badar)

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan