Sosialisasi dan Pembentukan Pengurus KKM PAMSISMAS Kampung Tridarma Wirajaya

Warga Mengikuti Rapat PAMSIMAS pada Jumat 20 Oktober 2017. (Dok. Badar)

tridarmawirajaya.desa.id | Jum’at , 20 Oktober 2017

Sosialisasi dan pembentukan Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) dan Badan Pengelola Sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (BPSPAMS) dalam Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) telah dilaksanakan di Balai Kampung Tridarma Wirajaya, Kecamatan Banjar Agung, Kabupaten Tulang Bawang.

Hadir dalam acara tersebut, Badan Permusyawaratan Kampung (BPK), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kampung (LPMK), Tim Penggerak PKK, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, tokoh Pemuda dan Perangkat Kampung. Musyawarah dimulai pada pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 10.30 WIB. Hasil keputusan musyawarah menetapkan Pengurus KKM : Sajum jabatan Ketua dan Sunaryo, Margo, Sunawati, Suja’i sebagai anggota.

Sedangkan untuk SATLAK adalah : Sunarto sebagai Ketua, Rohmadin sebagai Koord. unit Pengelola keuangan, Hendri Koord. Unit kerja Teknis Air Minum dan Sanitasi, Ktut Aryanti sebagai Koord. Unit kerja Teknis hygine dan Kesehatan, Suker sebagai Unit Pengaduan Masyarakat.

Bapak Budi Rusmawanto, ST, Fasilitator Pamsimas Kampung Tridarma Wirajaya (Dokumentasi: Badar)

Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) adalah salah satu program yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia dengan dukungan Bank Dunia (World Bank) untuk dilaksanakan di wilayah perdesaan dan pinggiran kota.

“Program Pamsimas bertujuan untuk meningkatkan jumlah fasilitas pada warga masyarakat kurang terlayani termasuk masyarakat berpendapatan rendah di wilayah perdesaan dan peri-urban. Dengan Pamsimas, diharapkan mereka dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi yang berkelanjutan serta meningkatkan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat.

Penerapan program ini dalam rangka mendukung pencapaian target MDGs (sektor air minum dan sanitasi) melalui pengarusutamaan dan perluasan pendekatan pembangunan berbasis masyarakat,” demikian sambutan yang disampaikan oleh fasilitator Pamsimas bapak Budi Rosmawanto, ST.

Kepala Kampung Tridarma Wirajaya Tatang Hermansyah memberikan sambutan kegiatan.

Masyarakat sangat berterimakasih atas adanya pamsimas di kampungnya.
“Saya sangat bergembira dan berterimakasih kepada program pemerintah berupa pamsimas yang ada di kampung kita, mengingat sangat sulit mendapatkan air bersih di saat musim kemarau” sambut Bapak Junaidi mewakili masyarakat yang hadir.

Bapak junaidi mewakili peserta musyawarah dalam menyampaikan pendapatnya. (Dokumentasi: Badar)

(badar)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan