Kegiatan Awal Kelompok Wanita Tani (KWT) “Maju Bersama”

Lokasi Praktek KWT Maju Bersama. (Dok Badar)

tridarmawirajaya.desa.id | Minggu 15 Oktober 2017

Kelompok Wanita Tani yang diberi nama MAJU BERSAMA tersebut memang belum lama terbentuk, tapi dengan semangat yang menggebu-gebu sudah mulai beraksi di awal musim tanam ini.

Berawal dari peluncuran (Grand Launching) Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di Desa Kayen, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, tanggal 14 Januari 2012, menyatakan bahwa Rumah Pangan Lestari perlu dikembangkan ke seluruh wilayah di Indonesia.

Pengembangan ini utamanya untuk meningkatkan ketahanan pangan keluarga, dan antisipasi pada saat harga pangan melonjak tinggi. Menyambut gerakan presiden tersebut, maka Menteri Pertanian menugaskan kepada instansi terkait di jajaran Kementerian Pertanian agar KRPL dikembangkan di seluruh kabupaten/kota di Indonesia.

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian mendapat mandat untuk mengembangkan Model KRPL (M-KRPL). Menindaklanjuti penugasan Menteri Pertanian tersebut, pada tahun 2011 Balai Pengkajian Teknologi Pertanian mulai menerapkan antara 1-2 unit, atau 44 unit kawasan di seluruh provinsi. Lokasi pengembangan ini diperluas lagi pada Tahun 2012 menjadi sekitar 423 unit kawasan (M-KRPL).

Program KRPL merupakan salah satu upaya dalam menghadapi lonjakan pangan dunia. Program ini dikembangkan dengan memanfaatkan petak lahan pekarangan untuk tanaman produktif yang dibutuhkan sehari-hari bagi keluarga dan memberdayakan potensi pangan lokal. Tujuan dari pengembangan rumah pangan lestari adalah untuk memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga, mengembangkan ekonomi produktif dan menciptakan lingkungan hijau yang bersih dan sehat.

Program ini diharapkan menjadi gerakan dari dan untuk masyarakat baik di perkotaan maupun perdesaan mulai tingkat dusun sampai dengan tingkat rumah tangga bekerjasama dengan ibu-ibu Tim Penggerak PKK ataupun anggota Kelompok Wanita Tani (KWT). Sedangkan instansi pemerintah hanya berfungsi sebagai motivator, fasilitator dan stabilisator terhadap gerakan tersebut.

 

Kegiatan Rutin KWT Maju Bersama

Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan keluarga perlu adanya kebersamaan dan pembinaan dari dinas terkait secara berkesinambungan. Seperti kegiatan Kelompok Wanita Tani yang biasa disebut KWT yang berada di Kampung Tridarma Wirajaya, Kecamatan Banjar Agung, Kabupaten Tulang Bawang yang pertama kalinya melaksanakan kegiatannya berupa persiapan lahan untuk kebun bibit dan pola tanam hortikultura.

KWT “MAJU BERSAMA” ini beranggotakan 17 orang yang semuanya ibu-ibu, dengan ketua Jamilatun, Sekretaris Mujiati dan Bendahara Wilestari.  Tujuan dari terbentuknya kelompok ini adalah membangun kebersamaan mengimplementasikan kebijakan pemerintah tentang pertanian bagi ibu-ibu dan meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Kelompok Wanita Tani ini dibawah bimbingan Gapoktan Rukun Sejahtera dan Penyuluh Lapangan Bapak Eman. A.Md.

Disamping kegiatan pertanian, maka kelompok ini juga mengadakan arisan setiap ada pertemuan di hari Minggu.

Kegiatan ini adalah kelompok ibu-ibu yang tergabung dari jama’ah majlis ta’lim, sehingga tidak mengalami kesulitan dalam melaksanakan pekerjaan. Juga diadakan arisan agar ibu-ibu ada ikatan emosional, yang penting adalah membangun kebersamaan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.

“Kedepannya kami akan memanfaatkan lahan pekarangan untuk ditanam hortikultura, jika pembibitannya sudah berjalan,” demikian kata Ketua (Bu Jamilatun) dalam mengawali kegiatan tersebut.

(badar)

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan