TEMPAT PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPA) AL-ISTIQOMAH

tridarmawirajaya.desa.id

Sabtu, 29 Juli 2017. Tempat Pendidikan Al- qur’an yang lebih dikenal dengan nama TPA merupakan wadah pendidikan agama islam  bagi anak-anak. Seperti halnya TPA Al-Istiqomah yang terletak di RT. 02 Suku 01 Kampung Tridarma Wirajaya, Kecamatan Banjar Agung, Kabupaten Tulang Bawang, Propinsi Lampung.

Berdiri Tahun 2012 sampai dengan sekarang masih tetap eksis bahkan anak didiknya semakin bertambah.

Diwaktu kami mengunjungi ke TPA tersebut proses belajar mengajar sedang berlangsung dan kami sempat berbincang-bincang dengan pengasuhnya,yaitu ustadz Royan Ali. Berdasakan keterangan dari Ustadz tersebut TPA Al-Istiqomah ini memiliki guru/Ustadz, ustadzah, 16 orang, 4 ustadz dan 12 ustadzah.

Anak didik TPA AL-Istiqomah berfoto di halaman Mushola Al-Istiqomah. Foto by Badar.

Sedangkan santri yang mengaji berjumlah 214 santri, 105 santri laki-laki dan 109 santri perempuan.santri yang mengaji ini berasal dari dalam kampung Tridarma tetapi ada juga dari kampung yang berdekatan dengan Kampung Tridarma Wirajaya, yaitu Kampung Trimulya Jaya dan Kampung Trimukti Jaya bahkan dari Kampung Moris jaya.

Kegiatan belajarnya sore hari masuk pukul 15.30 WIB dan pulang pukul 17.30 WIB.

Yang menjadi menarik dari TPA ini adalah jumlah anak-anak yang mengaji semakin banyak, karena pengasuh sekaligus pengelolanya yaitu ustadz Royan Ali beserta dewan guru selalu mengadakan evaluasi terhadap santri disetiap akhir bulan tentang proses belajar mengajar dan kondisi santri sendiri,selain itu juga transparasi pengelolaan management, sehingganyas alah satu TPA yang dapat membangun gedung unit baru sebanyak 4 lokal murni swadaya masyarakat.

Kegiatan lain untuk meningkatkan kualitas pendidikan tesebut salah satunya adalah memberikan apresiai terhadap santri yang berprestasi, seperti absensi yang rajin masuk, hafal surat-surat pendek berupa hadiah buku, pensil dan piagam.

Operasioanal TPA Al-Istiqomah berasal dari donatur tetap dan iuran anak santri seikhlasnya dan anggaran Kampung yang berasal dari dana desa. Tidak banyak yang diterima oleh ustadz dan ustadah setiap bulannya,hanya ala kadarnya, tetapi baik dewan guru atau santrinya tetap bersemangat, karena transparasi dan pengelolan managemant yang baik.

Kepercayaan dari wali santri dikarenakan memang mutu pendidikan yang bagus dan ustadz serta ustadzahnya hampir semuanya berpendidikan strata 1 (sarjana).

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan