Semangat Gotong Royong Membangun Gorong-Gorong

Pembangunan Gorong-Gorong Yang telah Selesai di Cor.

tridrmawirajaya.desa.id | Tridarma Wirajaya Sabtu, 29 Juli 2017. Gotong Royong adalah warisan semangat dalam membangun dari jaman nenek moyang kita yang merupakan ciri khas Bangsa Indonesia. Begitu juga semangat membangun dan bergotong royong masih nampak di Kampung Tridarma Wirajaya, Kecamatan Banjar Agung, Kabupaten Tulang Bawang, Propinsi Lampung. Seprtinya dalam pembangunan gorong-gorong yang erletak di Suku 04.

Pembangunan disegala bidang terutama infrastruktur tidak luput dari gotong royong. Ini sudah menjadi tradisi warga walaupun pembangunan itu didanai oleh pemerintah.” Sambut     Tatang Hermansyah yang Kepala Kampung yang tidak bosan-bosannya meyerukan untuk giat bergotong royong dalam mambangun kampungnya.

Penggalian dan Pemasangan Pondasi Gorong-Gorong Swadaya. (dokumen desa.id – foto : Badar).

 

Penggalian Pondasi Pembangunan Gorong-Gorong. (dokumen desa.id – foto : Badar).

Banyak yang diambil hikmahnya dari gotong royong, salah satunya mempererat tali silaturahmi yang tadinya jarang bertemu karena aktivitas sehari-hari dengan bergotong royong akhirnya dapat bertemu. Seperti pada pembangunan gorong-gorong yang terletak di jalan poros Kampung Tridarma Wirajaya, Rt. 03 Suku 04. Pembangunan gorong-gorong tersebut  adalah murni hasil dari swadaya masyarakat, baik  uang untuk membeli material dan tenaga kerjanya.

Gorong-gorong tersebut berukuran lebar 1 Meter,   tinggi 1 Meter  dan lebar 6 Meter . Berkat gotong royong, maka pembangunan gorong-gorong tersebut dapat diselesaikan dalam waktu satu hari. Melihat begitu semangatnya, maka ada bebrapa harapan yang disampaikan oleh warga, “Kegiatan gotong royong ini perlu kita pertahankan demi Kampung tercinta ini, sebab dengan gotong royong ini pekerjaan seberat apapun dapat kita selesaikan.” Sambut Bapak Suker.

Pondasi gorong-gorong yang telah terpasang. (dokumen desa.id – foto : Badar).

 

Penggalian Pondasi Gorong-Gorong Swadaya Masyarakat. (dokumen desa.id – foto : Badar).
Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan