Pembukaan Pelatihan Pengoperasian Sistim Informasi Pemerintahan Desa

Pembukaan Pelatihan Sistem Pemerintahan Kampung. (Dokumen desa.id - fhoto: Badar)

tridarmawirajaya,desa.id  | Kamis, 20 Juli 2017. Pelatiahan Pengoperasian Sistem Informasi desa dibuka di hotel Novotel Bandar Lampung pada hari Rabu tanggal 20 Juli 2017.  pelatiahan  diikuti oleh 147 Kampung di Tulang Bawang dengan peserta 312 orang. Hadir dalam acara tersebut Camat se-Kabupaten Tulang Bawang.  Acara Pembukaan dimulai pukul 20.00 WIB oleh Kepala  Dinas Pemberdayan Masyarakat  Kampung/Kelurahan ( DPMPK/K ) yaitu Bapak Hamami Ria, yang akan berlangsung selama tiga hari.

Acara dimulai dengan pembacaan do’a yang diimami oleh Bapak Bahrin Purwonikno kepala Kampung Tunggal Warga Kecamatan Banjar Agung, dilanjutkan dengan menyanyikan lagi Indonesia Raya, serta Laporan Panitia Penyelenggara latihan. Dalam sambutannya Kepala DPMPK/K menghimbau kepada peserta pelatihan aparatur kampung agar dapat memahami sitem  informasi menegamen kampung yang dikenal dengan nama simdesa, yang merupakan aplikasi  yang digunakan untuk mempermudah kampung dalam membuat administrasi surat menyurat, potensi kampung,profil kampung juga manajemen  kampung, aparatur kampung masyarakat yang membutuhkan pelayanan akan dimudahkan karena  kendala yang dialami masyarakat saat ini menjadikan kampung harus lebih cepat dalam menangani kebutuhan administrasi kampung.

Camat Banjar Agung, Sudirman SH Mengikuti Pembukaan Pelatihan Pengoperasian Sistem Informasi Pemerintahan Desa. (Dokumen Desa.id – Fhoto : Badar)

Membuat surat kelahiran, surat kematian,  Kartu Keluarga  dan lainnya hanya melalui kampung dan diambil hasilnya oleh kampung.  Banyak sekali masyarkat harus membutuhkan waktu lebih panjang,  hanya untuk mengurus administrasi kependudukan atau lainnya. Hanya menggunakan simdes ini membuat waktu semakin cepat dalam mengurus tersebut, biaya transportasi dan akomodasi tidak lagi dikeluarkan bahkan dapat hasil yang lebih baik langsung dikampung, karena semuanya sudah direncakan dan dibuat secara otomatis.

Kepala Kampung Tridarma Wirajaya (Kaca mata) dan Kepala Kampung Banjar Agung Mengikuti Pelatihan Sistem Pengoperasian Informasi Desa, (Dokumen desa.id – Fhoto : Badar).

Saya juga berharap dengan kegiatan  ini   dapat memberikan bekal  kepada para peserta agar mampu melaksanakan peran tugas pokok  dan fungsi sebagai aparatut pemerintahan kampung dalam mendukung kebijakan pemerintah dan pemerintah daerah dalam mencapai tujuan nasional serta mewujudkan visi dan misi  pemerintah daerah dalam menjalankan program pembangunan disegala bidang yang beeoriaentasi kepada peningkatan pelayanan pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat, sesuai dengan cita-cita tujuan otonomi daerah.

Peserta Pelatihan Sistem Informasi Pemerintahan Desa di Hotel Novotel. (Dokumen desa.id – Fhoto : Badar)

Harapan dari pelatihan ini peserta dapat menerapkan sistim informasi desa dalam penyelenggaraan pemerintahan. Terutama dalam pelayanan surat menyurat menjadi lebih cepat dan efektif. Dari sistem ini akan membawa kewibawaan kampung terhadap masyarakat.

 

(bdr/bdr)

 

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan