Seluruh Kampung di Kecamatan Banjar Margo Migrasi Ke Linux

Peserta Operator Kampung Sedang Latihan SiDeKa. (dokumen desa.id - foto : Badar).

tridarmawirajaya.desa.id  |  Selasa 18 Juli 2017 bertempat di Balai Pertemuan Kampung Penawar Rejo, melakukan pelatihan Sistem Informasi Desa (SiDeKa) yang diikuti peserta dari Kampung Penawar Jaya, Penawar Rejo, Purwa Jaya, Mekar Jaya, Agung Jaya, Agung Dalam, Bujuk Agung, Sumber Makmur, Tri Tunggal Jaya, Catur Karya Buana Jaya, Suka Maju, dan Ringinsari.

Salah satu tujuan penting dari penerapan Sistem Informasi Desa dan Kawasan, adalah untuk mewujudkan keberadaan informasi data tentang desa secara akurat dan valid. Keakuratan informasi data desa, akan sangat membantu bukan hanya bagi pemerintah desa, juga bagi pemerintah daerah hingga pusat. Karena selama ini, seringkali data desa yang tidak akurat dapat menyebabkan kebijakan pemerintah dalam menjalankan program pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat, dapat terkendala atau bahkan mengalami.

Tampak Philipus Suyanto Operator Kampung Ringinsari Sedang Mengikuti Pelatihan Sideka.(dokumen desa.id – foto : Badar).

Dalam kesempatan tersebut, para peserta mempelajari banyak sekali hal-hal terkait Informasi dan Teknologi seperti: Optimalisasi Website Desa, Penginputan data kependudukan, penggunaan open source, publikasi berita melalui smartphone, dan penerapan surat-menyurat yang sangat membantu kualitas layanan kampung pada masyarakat.

Acara tersebut dimulai pukul 09.00 hingga 17.00 WIB. Dalam Pelatihan tersebut, narasumber yang berasal dari Relawan TIK Tulang Bawang, Sdr. Dana Putra Yuda, menyampaikan pentingnya membangun kemandirian desa di bidang data dan teknologi. Open source (Linux) dipilih dikarenakan legal, aman, gratis, sehingga pemanfaatannya tidak membebani anggaran kampung.

Operator SiDeKa se-Kecamatan Banjar Margo Sedang Mengikuti Pelatihan. (dokumen desa.id – foto : Badar).

Menurut salah satu peserta, Abdul Anis, pelatihan seperti ini perlu diselenggarakan lberkelanjutan sebagai wujud nyata pembangunan kampung di bidang Informasi Teknologi. Kita juga berharap agar kepala kampung menganggaran kegiatan peningkatan kapasitas perangkat kampung bidang Teknologi Informasi ini ditingkatkan agar aparat kampung tidak tertinggal dengan kampung lainnya.

 

<bdr/bdr>

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan