Beternak Kambing Membawa Berkah

Ternak Kambing Milik Kelompok Bina Karya IV Bapak Untung Mulyadi. (dokumen desa.id foto by badar).

tridarmawirajaya.desa.id |  Bagi sebagian warga Kampung Tridarma Wirajaya, Kecamatan Banjar Agung, Kabupaten Tulang Bawang, beternak kambing merupakan solusi yang tepat disamping pekerjaan yang utama yaitu buruh nyadap karet. Beternak kambing ini dimulai sejak tahun 2014 secara koloni/berkelompok yang berasal dari bantuan  Dinas Peternakan Provinsi  Lampung  bekerja sama dengan Dinas Sosial Kabupaten Tulang Bawang.

Foto Kambing Kelompok Bina Karya II. (dokumen desa.id foto by badar)

Bantuan tersebut diberikan kepada lima kelompok. Masing-masing kelompok beranggotakan 10 orang, dan setiap kelompok diberikan bantuan berupa uang kemudian dibelanjakan oleh kelompok sendiri sebanyak 10 ekor kambing betina, satu ekor kambing jantan. Dari usaha kelompok tersebut sampai  dengan sekarang sudah berkembang dan dinikmati oleh kelompok. sistem pemieliharaannya dengan cara koloni, kambing dipelihara dalam satu kandang dan kepengurusannya bergantian yang dibuat jadwal.

Pemantauan dari Dinas Kabupaten Tulang Bawang Bapak Hartono. TKSK Kecamatan Ibu Rismayanti (memaki kaos ungu)dan Pendamping lokal Ibu Jamilatun. (dokumen desa.id foto by badar).

Pelaporannya dilakukan setiap tiga bulan sekali yang didampingi oleh pendamping lokal dan pendamping Kecamatan yaitu, ibu Jamilatun dan ibu Rismawati, S.Sos.Keberadaan ternak kambing secara kelompok ini dirasakan sangat bermanfaat oleh anggota, disamping sebagai ikatan kekeluargaan juga sebagai penopang kebutuhan dikarenakan harga karet yang semakin menurun.

Kambing Milik Kelompok Bina Karya I sudah beranak. (dokumen desa.id foto by badar).

Harapan dari kami Tim dari Kabupaten Tulang Bawang dan Kecamatan Banjar Agung yang dibantu oleh PSM Jamilatun, agar kambing yang telah diberikan kepada kelompok dapat dipelihara dengan sungguh-sungguh yang pada akhirnya dapat berkembangbiak dan hasilnya dapat dinikmati oleh kelompok, sehingga dapat menopang kebutuhan Rumah tangga dan kebutuhan kelompok.

 

(bdr/bdr)

Facebook Comments

2 Comments

  1. ya sebenarnya begitu mas, tapi kelompok ini masih lanjut mas…karena Pendampingnya juga aktif…di Tridarma ada lima kelompok moris ada lima kelompok….

Tinggalkan Balasan