Petani Cabe Kaya Mendadak

Kebun Cabe Milik Yulianto, dikunjungi oleh Dinas Pertanian Kab. Tulang Bawang.(dokmen desa.id - foto : Badar)

tridarmawirajaya.desa.id | Kampung Tridarma Wirajaya merupakan Kampung yang cukup potensial dalam bidang pertanian, dibandingkan dengan Kampung-kampung yang lain di wilayah kecamatan Banjar Agung, seprti Kampung Dwi Warga Tunggal Jaya adalah pusat perekonomian di Kecamatan Banjar Agung bahkan di Kabupaten Tulang Bawang, maka Kampung Tridarma Wirajaya adalah sumber pertanian cabe yang memenuhi pasar Unit 2 Tulang Bawang.

Kebun cabek Milik Bapak Edy luas 1Ha Kampung Tridarma Wirajaya. (dokumen desa.id foto : Badar)

 Hal ini terbukti dari perhatian Dinas Pertanian tanaman Pangan Kabupaten Tulang Bawang yang langsung turun ke Lapangan untuk membina petani cabe di Kampung Tridarma Wirajaya., selain pembinaan juga bantuan bibit,obat-obatan serta pupuk untuk budi daya cabe merah kriting. Bantuan tersebut untuk tahun 2016 seluas 10 Ha, dan untuk tahun 2017 tingal 2 Ha.

Hampir seluruh warga yang tergabung dalam kelompok tani berbudidaya tanaman cabe, seperti Yulianto salah satu petani cabe dari kelompok tani Karya Baru yang cukup berhasil, tapi banyak juga petani cabe yang gagal panen. Keberhasilan dan kegagalan merupakan dua hal yang cukup lekat di para petani hal ini dipengaruhi salah satunya adalah pengolahan tanah dan air, disamping penyuluhan yang dilakukan oleh PPL.Untuk satu kali musim tanam di Kampung Tridarma wirajaya mencapai 30 s/d 60 Ha yang tergabung dalam kelompok tani.

Kebun Cabe Milik Yulianto Kampung Tridarma Wirajaya, dikunjungi oleh Dinas Pertanian Kab. Tulang Bawang.(dokumen desa.id – foto : Badar)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan