Kunjungan Pembinaan Bidang 3 DPMK/K Kabupaten Tulang Bawang

tridarmawirajaya.desa.id |  Tridarma Wirajaya, 11 Juli 2017.  Merupakan suatu kehormatan bagi Kampung Tridarma Wirajaya, Kecamatan Banjar Agung, Kabupaten Tulang Bawang dengan kehadiran Tim Bidang 3 dari DPMK/K Kabupaten Tulang Bawang. Tujuan kehadiran Tim dari DPMK/K Kabupten TulangBawang yang dipimpin oleh Bapak Dani Effendi,SE adalah memberikan pembinaan terhadap pemerintahan kampung dalam hal pengelolaan aset kampung yang berupa pasar Kampung. Yang hadir dalam pembinaan adalah Bapak Dani Effendi, SE, Imanuddin, SE, Gustina Mayasari, SH, Ruli Yusadi dan Edwin Okta Mahendra, SH.

Tim Pembinaan dari Bidang 3 DPMK/K Kabupaten di Kantor Kampung Trdarma Wirajaya. (dokumen desa.id – foto : Badar)

Disampikan juga oleh Bapak Dani Effendi,SE bahwa pasar tradisional yang berkedudukan dan berlokasi di desa, menempati lahan milik pemerintah desa (lahan kas desa) maupun masyarakat (wakaf), dikelola dan dikembangkan oleh Pemerintah Desa dan masyarakat baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama dalam pembiayaannya.

Oleh karena pasar desa merupakan salah satu kekayaan milik desa, maka pengelolaannya sepenuhnya milik desa. Harus dikelola dengan baik oleh pengurus pasar yang diangkat oleh kepala Kampung yang selanjutnya menjadi Badan Usaha Milik Kampung (BUMKAM). Dengan keberadaan pasar milik Kampung berarti akan menambah kekayaan Kampung.

Tim Bidang 3 DPMK/K Kabupaten Tulang Bawang Sedang Memberikan Pembinaan. (dokumen desa.id – foto : Badar)

Bapak Dani Effendi, SH dalam pembinaannya,Bahwa pasar kampung harus mempunyai pengurus yang di SK kan oleh Kepala Kampung dan dibuatkan Perkam, sehingganya untuk pembinaan dari Kabupaten semakin mudah.

Tim Pembinaan dari DPMK/K Bidang tiga berharap agar pasar Kampung dikelola sebaik mungkin sehingganya kampung akan semakin kaya dan sejahtera, dikarenakan pasar adalah pusat ekonomi kampung.

 

(bdr/bdr)

 

 

Facebook Comments

1 Comment

Tinggalkan Balasan