Menyambut Lebaran Yang Bahagia

Daging Sapi Hasil Arisan Untuk Kebutuhan Lebaran. (dokumen desa,id - foto : Badar)>

tridarmawirajaya.desa.id | Wajah ceria menghiasi warga dusun 04 Kampung Tridarma Wirajaya, Kecamatan Banjar Agung, Kabupaten Tulang Bawang walau hari Raya Idul Fitri belum juga tiba. Keceriaan ini ditandai dengan pemotongan 2 (dua) ekor sapi yang merupakan kegiatan rutin warga dusun 04 satu hari menjelang Hari Raya Idul Fitri. Pemotongan tersebut berlangsung cepat dikarenakan semua peserta ikut menangani. Peserta terdiri dari 40 orang dengan harga sapi yang dipotong Rp 20.000.000 (dua puluh juta rupiah). “Sapi ini dibeli enam bulan yang lalu mas,” kata gus samad sebagai ketua koordinator pemotongan.

Bagaimana kisahnya mengenai pemotongan tersebut? Pertama warga yang berminat menyerahkan uang sejumlah Rp 500.000,- yang pembayaran boleh dicicil sampai  dengan batas waktu 6 bulan kemudian. dimana pesrta hanya 40 orang. Kemudian dibelikan sapi seharga Uang Rp 500.000 X 20 = Rp 20.000.000, sapi dipelihara oleh salah satu peserta yang nanti jika dipotong mendapatkan satu tumpuk. Daging tersebut dibagi menjadi 19 tumpuk yang satu tumpuk untuk yang memelihara. Berat daging tersebut 3,5 Kg ditambah dengan tulang belulang dan berodot.

Daging Sapi Hasil dari Arisan Untuk Kebutuhan Lebaran. (Dokumen desa.id – Foto : Badar)

Jika dibandingkan dengan harga dipasaran daging dan tulang belulang yang diterima oleh peserta cukup murah. “Peristiwa ini merupakan tradisi sebagai wadah untuk saling berkomunikasi dan silaturahmi” kata Gus Samat sebagai ketua koordinator.

Warga memilah daging agar terdistribusi merata ke seluruh peserta arisan. (dokumen desa.id – foto : Badar)

Dengan kegiatan dimaksud anggota arisan merasa senang dan bahagia dimana kebutuhan akan daging menjelag  lebaran sudah terpenuhi. Harpan kedepanya mudah-mudahan kegiatan ini akan tetap berlangsung, sehingga mengurangi kebutuhan menjelang lebaran.

 

(bdr/tdw)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan