Hataman Alqur’an Malam 27 Ramadhan

H. Maksum Memimpin Khataman Al-Qur'an Di Masjid Nurul Jadi Pada Malam 27 Ramadhon. (dokumen desa.id - foto : Badar)

tridarmawirajaya.desa.id | Kegiatan khataman Al-Qur’an di Masjid Nurul Jadid Kampung Tridarma Wirajaya, Kecamatan Banjar Agung, Kabupaten Tulang Bawang telah dilaksanakan tepatnya pada tanggal 27 Ramadhon. Hadir dalam pelaksanaan tersebut tokoh Agama, tokoh masyarkat   dan perangkat kampung. Hataman Al-qur’an ini dilaksanakan dengan tujuan mengharap keridloaan Alloh SWT yang menandakan bahwa telah berakhirnya membaca Al-Qur’an bersama yang dilaksnakan setiap habis shalat taraweh. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang dilaksanakan pada tangal 27 Ramadhon.

Peserta Khatman Al-Qur’an pada Malam 27 Ramadhon di Masjid Nurul Jadid. (dokumen desa.id – foto : Badar).

Dalam khataman tersebut yang dibaca adalah surat – surat pendek dari Surat Wadduhaa sampai dengan surat An-nas yang dibacakan oleh peserta hataman dengan bergantian. Hadir dalam acara Tokoh Agama, tokoh masyarakat dan jamaah shalat taraweh. Jamaah hanya mendengarkan bacaan Al-Qur’an yang dilantunkan oleh petugas yang membaca pada malam tersebut. Selanjutnya dibacakan do’a khusus khatam Al-Qur’an.

Imam masjid Nurul Jadid H. Maksum menyampaikan tentang hikmah membaca/khatam Al-Qur’an diantaranya pertama, merupakan amalan yang sangat dicintai oleh alloh SWT. Kedua, menjadikan syafa’at bagi pembacanya di akherat. Ketiga, mendapatkan predikat insan terbai. Keempat, mendapatkan pahala akan bersama malaikat di akherat.

Makan Bersama Beralaskan Daun Pisang Sebagai Perwujudan Syurkur Kepada Alloh SWT. (dokumen desa.id – foto : Badar).

Disamping kegiatan dimaksud diadakan acara makan bersama  yang beralaskan daun pisang bertempat di teras Masjid. Acara makan bersama ini  merupakan rasa syukur bahwa  masih diberi kesehatan dan kemurahan rizqi dari Alloh SWT.  Dengan harapan masih akan bertemu kembali di Rhamadan tahun berikutnya.

 

(bdr/bdr)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan