Buah Nangka Dak

Buah Nangkadak Milik Bapak Sunarto. (Dokumen desa.id - Foto : Badar).

tridarmawirajaya.desa.id | Nangkadak  istilah yang dipinjam dari hasil stek pohon nagka betina dan cempedak jantan yang menghasilkan buah yang sangat tinggi. Nangka merupakan buah yang sudah tidak asing lagi, karena dapat tumbuh dan dengan baik di seluruh wilayah Indonesia. Nagka dak milik Bapak Sunarto kepala Suku 03 Kampung Tridarma Wirajaya. yang ditaman tiga tahun yang lalu. Sekarang telah berbuah. ” ini luar biasa mas, kemaren saja sudah dipetik satu kwintal lebih dan saya jual, karena tetangga sudah bosan untuk menyayurnya ” kata pak narto.

“untuk  satu biji dihargakan Rp 1.000, sekali metik bisa 25biji, lumayan mas untuk nambah kebutuhan dapur ” kata istri pak narto.

Buah Nangkadak Selain Buahnya Harum Warnanya Kuning Mengkilap.(dukumen desa.id – Foto : Badar )

Untuk warga masyarkat kampung Tridarma Wirajaya sudah sepertiganya menanam pohon tersebut, mereka mendapatkan bibit pemberian dari kelompok Tani Rukun Warga Sejahtera. Kepala Kampung dan warga memang sangat antusia sekali untuk menanam pohon nangka tersebut, selain untuk penghijauan juga sebagai tambahan pendapatan keluargan, sehingga masyarakat dapat meningkatkan penghasilan keluarga.

Buah Nangkadak Selain PohonnyaYang Tidak Tinggi tetapi Buahnya Lebat. (Dokumen desa.id – foto : Badar)

Tanaman nangkadak sudah sejak lama digemari dan dipesan. Orang-orang lebih memlih buah nangkadak karena buahnya tidak terlalu besar dan manis seperti buah nangka, tetapi memiliki aroma yang harum seperti buah cempedak dan tekstur buahnya lebih lembut dari buah nangka. Berat buah nangka dak rata-rata berat 2 – 3 Kg. Kandungan getah buah nangkadak ini tidak terlalu banyak seperti buah nangka dengan warna kuning terang.

Pohon nangkadak adalah pohon yan tahan di segala kondisi. Tanaman ini tetap akan berbuah di musim hujan dan buahnya akan tetap tersa manis. Berbeda dengan buah nangka dan cempedak.

(bdr/tdw)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan