Pembukaan Pelatihan BUMKAM wilayah Kecamatan Banjar Agung

Pembukaan Pelatihan BUMKAM Kecamatan Banjar Agung. (Dokumen desa.id - foto : Badar).

tridarmawirajaya.desa.id | Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dalam pengelolaan keuangan Kampng terutama badan usaha milik kampung (BUMDES) maka diadakan pelatihan       telah  cara pengelolaan bumdes. Hadir dalam pelatihan tersebut operator,pengurus bumdes dari sebelas kampung, juga dari dinas kabupaten dan bapak camat banjar agung. Pelatihan ini ditujukan kepada operator kampung khususnya pengurus BUMKAM dengan tujuan agar lebih terampil dalam pengelolaan uang BUMDES.

Dijelaskan oleh Camat Banjar Agung bahwa Badan usaha milik desa yang sering disebut dengan BUMDes adalah sebuah lembaga usaha desa yang dikelolah oleh pemerintah desa juga masyarakat desa tersebut dengan tujuan untuk memperkuat perekonomian desa dan dibentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi yang ada di desa tersebut. BUMDes merupakan sebuah badan usaha yang mampu membantu masyarakat dalam segala hal antara lain memenuhi kebutuhan sehari-hari, menjadi peluang usaha atau lapangan pekerjaan, menambah wawasan masyarakat desa.

Peserta Pelatihan Bumkam dari seluruh kampung se Kecamatan Banjar Agung. (Dokumen desa.id – foto : badar)

Pada dasarnya pendirian dan penelolaan BUMDes adalah sebuah wujud dari pengelolahan ekonomi produktif desa yang dilakukan secara kooperatif, partisipatif, emansipatif, transparansi, akuntabel dan sustainable. Untuk itulah membutuhkan pengelolahan BUMDes yang serius agar bisa berjalan secara mandiri, efektif dan profesional.

Untuk mencapai tujuannya BUMDes menggunakan cara pemenuhan kebutuhan masyarakat dalam bentuk pelayanan barang dan jasa. Kebutuhan masyarakt yang harus dipenuhi adalah kebutuhan pokok, selain itu pembekalan usaha bagi masyarakat juga menjadi salah satu tanggungjawab dari BUMDes.

 

Bapak Diky Dari Dinas Kabupaten Sedang Menyampaikan materi tentang BUMDES> (Dokumen desa.id – foto : Badar).

Ditambahkan lagi oleh Bapak Diky selain tujuan dari BUMDES  kita akan membahas tentang salah satu aspek penting yang harus dimiliki oleh semua badan usaha yakni landasan hukum. BUMDes memiliki beberapa landasan hukum yang menjadi dasar dan acuan dalam segala aktivitasnya. Pendirian BUMDes dilandasi oleh Undang-Undang no 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah dan PP no 72 tahun 2005 tentang Desa.

Harapan peserta dari pelatihan ini dapat mengaplikasikan dalam kegiatan sehari-hari di Kampungnya masing-masing serta benar-benar BUMKAM ini menjadi soko guru perekonomian di Kampung masing-masing.

(bdr/tdw)

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan