Kebun Jagung Milik Bapak Badar Kelompok Tani Karya Baru

Kebun Jagung Milik Pak Badar. Bibit P 35 Bantuan dari Dinas Tanaman Pangan. (Dokumen desa.id - foto : Badar).

tridarmawirajaya.desa.id | Dalam rangka ikut serta meningkatkan hasil pertanian, maka Kelomok tai melalui anggota-anggotanya untuk beralih dari petani kebun menjadi petani palawija. Hal ini dikarenakan harga hasil kebun semakin terpuruk. Hal ini untuk menyelaraskan cita-cita pemerintah untuk berswasembada pangan. Untuk merealisasikan hal tersebut petani karya Baru mendapatkan bantuan bibit jagung yang akan disalurkan kepada petani,  salah satunya Badar.

Bantuan bibit jagung yang  berasal dari Dinas Pertanian sudah digunakan oleh  Badar,  salah satu anggota kelompok tani Karya Baru yang diketuai oleh  Mulyono dibwah binaan   Erman, PPL di Kampung Tridarma Wirajaya. Luas lahan yang ditanami jagung 1 Ha.

Kebun Jagung MIlik Badar Anggota Kelompok Tani Karya Baru. (dokumen desa.id – foto : Badar)

Jagung merupakan salah satu komoditas pangan yang dapat dikonsumsi secara langsung maupun dalam bentuk olahan. Kegunaan lain dari jagung adalah untuk pakan ternak, bahan baku industri bir, farmasi, dextrin, perekat, tekstil, minyak goreng, dan etanol. Dalam periode 1989-2002 telah terjadi pergeseran penggunaan jagung tetapi masih dominan untuk konsumsi langsung. Setelah tahun 2002, penggunaan jagung lebih banyak untuk memenuhi kebutuhan industri pakan. Penggunaan jagung untuk industri pangan juga terus meningkat.

Kebun Jagung Milik Pak Badar anggota Poktan Karya Baru. dok Kebun Jagung Milik Pak Badar anggota Poktan Karya Baru.

Beberapa permasalahan yang dijumpai dalam pengembangan jagung di antaranya adalah fluktuasi produksi dan harga, penanganan pascapanen pada saat panen raya dan alsin prossesing dan pengolahannya (dryer dan corn sheller) termasuk silo, masih terbatas sehingga berpengaruh terhadap kualitas hasil, terbatasnya modal usahatani, dan kemitraan usaha belum berkembang.

 

(bdr/bdr)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan